Ulasan Seputar Pemulihan Pasca Stroke dan Kenali Pertolongan Pertama Pasca Serangan Stroke

Ulasan Seputar Pemulihan Pasca Stroke dan Kenali Pertolongan Pertama Pasca Serangan Stroke

Penyakit stroke faktanya tak hanya bisa menyerang orang lanjut usia saja, melainkan juga banyak menyerang anak usia muda. itulah mengapa penting sekali sejak muda memperhatikan kesehatan Anda. Sebisa mungkin menjaga tubuh agar tetap sehat, memperhatikan pola makan dan juga olahraga secara teratur agar bisa terhindar dari masalah kesehatan yang satu ini. Ketahui bahwa pada dasarnya penyakit tersebut tak hanya menyerang sekali, melainkan menyebabkan efek jangka panjang hingga menyebabkan kualitas hidup dari penderitanya juga menurun. Sehingga membutuhkan pemulihan pasca stroke agar tidak bertambah parah.

Umumnya stroke ini sendiri bisa berdampak serius jika seandainya terlambat di dalam mendapatkan pertolongan. Karena bisa mengancam nyawa penderitanya. Sangat mungkin menyebabkan kematian sampai dengan cacat fisik secara permanen. Bagi seseorang yang terkena stroke, maka kondisinya sangat bergantung kepada waktu pertolongannya tersebut. Sehingga kerusakan sel-sel otak yang dialami bisa diminimalisir. Penting mengenali gejala-gejalanya sehingga lebih cepat mendapatkan penanganan.

Berikut ini diantaranya langkah pertolongan pertama yang dapat dilakukan oleh keluarga, ketika ada yang terkena serangan stroke, yaitu:
  1. Jangan memindahkan posisinya, ketika Anda melihat seseorang yang terkena serangan stroke. Maka penting sekali untuk tidak langsung memindahkan posisinya dari tempat semula. Karena ketika Anda memindahkan posisinya secara tiba-tiba, maka memiliki resiko pecahnya pembuluh darah yang ada di otak, jika hal ini sampai terjadi maka kondisi akan semakin parah. Cukup membantu penderita stroke tersebut untuk berbaring terlentang, sehingga nantinya tidak akan jatuh ke lantai.
  2. Pastikan mereka berada dalam posisi yang nyaman, tidak kalah penting adalah dengan membuat tubuh pasien berada dalam posisi yang nyaman. Sehingga nantinya dapat mencegah terjadinya gangguan pada peredaran darah. Usahakan bahwa posisi yang Anda pilih tersebut memungkinkan pasien tetap bisa bernapas secara lancar. Karena jika seandainya asupan oksigen di dalam darah kurang, maka efeknya bisa sangat serius.
  3. Berikan mereka minum air putih, usahakan bahwa kondisi tubuhnya tetap terhidrasi secara cukup, yaitu dengan memberikan mereka minum air putih. Jika seandainya sulit bagi penderita tersebut untuk minum dari gelas secara langsung. Maka Anda dapat membantunya dengan cara memberikan minum dari sendok. Jika sampai terjadi dehidrasi hal ini memungkinkan pasokan oksigen menuju otak juga jadi berkurang, sehingga resiko yang dialami juga jadi semakin besar. Bahkan bisa menyebabkan terjadinya kematian.
  4. Ucapkan kata-kata yang menenangkan, jangan membuat pasien semakin panik dengan Anda bertambah panik. Pastikan pasien tetap dalam kondisi yang tenang sehingga tidak memicu masalah yang serius. Anda bisa mengucapkan kata-kata yang bisa membuat pasien menjadi tenang.
  5. Hindari melakukan beberapa mitos yang tidak benar, tak jarang mitos yang dilakukan untuk menolong pasien pasca stroke, seperti diantaranya dengan menusuk jari penderitanya menggunakan jarum. Ini bukan hal yang benar, karena hal ini hanya akan membuat tekanan darah pasien tersebut melonjak jadi semakin tinggi, akibatnya akan memperburuk kondisi stroke mereka.
Lebih baik Anda segera meminta bantuan dari tenaga medis dengan cara memanggil ambulance untuk segera dibawa ke rumah sakit. Sehingga tidak akan bertambah serius kondisinya. Pastikan juga setelah keluar dari rumah sakit maka pasien mengikuti jadwal pemulihan pasca stroke tersebut, sehingga bisa memperbaiki fungsi tubuh yang sebelumnya bermasalah karena serangan stroke ini, kualitas hidupnya akan meningkat kembali.

Tidak ada komentar untuk "Ulasan Seputar Pemulihan Pasca Stroke dan Kenali Pertolongan Pertama Pasca Serangan Stroke "