Monday, April 11, 2016

7 Tanda Kondisi Tubuh Anda Tidak Sehat

7 Tanda Kondisi Tubuh Anda Tidak Sehat - Sebetulnya setiap individu bisa mencermati tanda bila dia menjalani pola hidup tak sehat. Terkadang, kita mengabaikan kesehatan dengan tak terlalu memperhatikan sinyal yang dikirimkan tubuh. Kita mengabaikan pesan-pesan bawah sadar yang menyuruh kita untuk lebih memperhatikan kesehatan raga.*

Kata "tidak sehat" memiliki makna yang luas. Bila berat badan kita berlebih bisa diartikan sebagai tak sehat. Begitu pula jika berat badan berada jauh di bawah standar, atau menjalani pola makan tak sehat. Namun kata "tak sehat" sendiri sebetulnya mencakup masalah serius yang melibatkan fisik dan mental.

Bagaimana mengetahui bila tubuh tak dalam kondisi prima alias tak sehat? Simak tujuh tandanya seperti yang dilansir dari laman Cheatsheet, Minggu (10/4/2016) berikut:

1. Kondisi kulit yang buruk

Kondisi kulit Anda adalah petunjuk nyata dari kondisi kesehatan Anda secara menyeluruh. Beberapa orang memang memiliki masalah kulit seperti jerawat namunkesehatannya baik-baik saja. Tapi kualitas kulit seseorang bisa jadi penanda masalah yang lebih serius. Pola makan tak sehat bisa memengaruhi kondisi kulit Anda. Jika Anda melihat adastretch marks atau noda di kulit, bisa jadi ada masalah kesehatan pada tubuh Anda.

2. Gangguan tidur

Sulit tidur di malam hari? Itu mungkin indikasi ada beberapa aspek dalam hidup Anda yang perlu penyesuaian. Entah karena Anda mengonsumsi makanan yang salah, minum terlalu banyak kafein di siang hari, hingga kurang aktivitas di siang hari. Yang pasti, mengalami kesulitan tidur malam bisa berdampak pada masalah kesehatan serius.

3. Masalah buang air

Perhatikan warna urine Anda, juga seberapa sering Anda buang air kecil. Hal itu bisa menunjukkan kondisi kesehatan Anda secara keseluruhan. Warna urine yang sehat adalah kuning pucat, bening, serta tak berbau. Sementara frekuensi buang air bisa bervariasi antar individu. Bila Anda buang air secara teratur, bisa jadi kesehatan Anda baik-baik saja. Jangan abaikan detail yang dirasa tak wajar dari aktivitas pembuangan Anda.

4. Bibir pecah-pecah

Bila bibir sering dalam keadaan kering dan pecah-pecah serta Anda menjadi tergantung pada lip balm untuk mengatasi hal ini, bisa jadi ada yang salah dengan kesehatan Anda. Kondisi bibir merupakan indikator dari kadar vitamin dalam tubuh. Jika bibir pecah-pecah, mungkin Anda kurang vitamin. Perhatikan asupan makanan dan penuhi kebutuhan nutrisi tubuh.

5. Kuku jari buruk

Apabila merasa tak puas hanya dengan melihat kondisi bibir untuk mengetahui kesehatan Anda, ada baiknya untuk memperhatikan jari kuku tangan dan kaki. Bila kuku tampak bergelombang, berubah warna, dan memiliki benjolan, Anda perlu waspada. Kuku Anda bisa menunjukkan banyak hal tentang kesehatan Anda, jadi jangan mengabaikannya.

6. Suhu tubuh berubah-ubah

Kaki dan tangan yang terasa dingin tidaklah normal. Lingkungan memang ikut berperan, tapi bila Anda terus-terusan mengalami hal itu, bisa jadi pertanda Anda memiliki masalah kardiovaskular. Secara spesifik, kaki dan tangan yang terasa dingin menandakan masalah sirkulasi darah, tubuh tak mendapat aliran darah yang sempurna. Bila berlangsung cukup lama, segera periksakan diri Anda.

7. Pikiran berkabut

Kemampuan kognitif dan kesehatan otak berkaitan erat dengan kondisi fisik seseorang. Artinya, obesitas dan lemak tubuh berlebih bisa memiliki dampak serius pada kemampuan seseorang berpikir.(*)

Sumber: liputan6
Description: 7 Tanda Kondisi Tubuh Anda Tidak Sehat Rating: 4.5 Reviewer: Raihan Azka - ItemReviewed: 7 Tanda Kondisi Tubuh Anda Tidak Sehat

Ingin Berlangganan Artikel-Masukkan Email Anda Disini: [GRATIS]

Terima kasih anda telah membaca artikel tentang 7 Tanda Kondisi Tubuh Anda Tidak Sehat dan hak cipta dari semua isi/konten yang di repost dalam artikel ini ada pada setiap sumber yang dapat dilihat di akhir artikel, Jika Anda pemilik hak cipta dari isi/konten artikel 7 Tanda Kondisi Tubuh Anda Tidak Sehat tidak ingin ditampilkan dalam www.beritaonline.web.id, Anda dapat menghubungi admin Berita Online via Contact Us.

Berita Lainnya: