Thursday, September 10, 2015

Lebih Irit Mana Antara Listrik Token dan Meteran?

Lebih Irit Mana Antara Listrik Token dan Meteran? - Merebaknya isu mafia dalam transaksi listrik pulsa atau prabayar, menjadi polemik pada transaksi pembayaran listrik berupa saldo voucher.*

Lantas, bagaimana kah sebenarnya plus minus pengunaan listrik meteran dan token listrik? Menurut pengamat energi Mamit Setiawan, transaksi listrik dengan menggunakan pulsa atau prabayar lebih simpel jika dibandingkan dengan menggunakan meteran.

"Tapi jika kembali menggunakan meteran, lebih jelas hitungannya. Kalau pakai pulsa kan penyakitnya kita beli Rp100 ribu tidak sesuai dengan saldonya," ujar Mamit, saat dihubungi Okezone, Kamis (10/9/2015).

Jika memang harus menggunakan meteran seperti dulu, Mamit mempertanyakan kesanggupan PT PLN (Persero) untuk mengubah kembali. Menurutnya, memang kelebihan menggunakan pulsa tidak terlalu banyak memakai listrik.

"Kalau sistem abodemen, ada kelebihan dan kekurangannya. Voucher jangan dimonopoli dan nilai harganya harus sesuai dengan saldo, ada margin yang diambil tapi tidak banyak," ucapnya.

Dengan menggunakan meteran, maka pemakaiannya lebih jelas. Untuk boros atau tidak, kata Mamit, tergantung pemakaian.

"Menurut saya lebih efisien meteran dibanding pulsa. Kalau beli voucher biasanya kena biaya administrasi," ungkapnya.(*)/okezone
Description: Lebih Irit Mana Antara Listrik Token dan Meteran? Rating: 4.5 Reviewer: Raihan Azka - ItemReviewed: Lebih Irit Mana Antara Listrik Token dan Meteran?

Ingin Berlangganan Artikel-Masukkan Email Anda Disini: [GRATIS]

Terima kasih anda telah membaca artikel tentang Lebih Irit Mana Antara Listrik Token dan Meteran? dan hak cipta dari semua isi/konten yang di repost dalam artikel ini ada pada setiap sumber yang dapat dilihat di akhir artikel, Jika Anda pemilik hak cipta dari isi/konten artikel Lebih Irit Mana Antara Listrik Token dan Meteran? tidak ingin ditampilkan dalam www.beritaonline.web.id, Anda dapat menghubungi admin Berita Online via Contact Us.

Berita Lainnya: