Tuesday, September 22, 2015

Barcelona Bakal Tinggalkan La Liga Spanyol

Barcelona Bakal Tinggalkan La Liga Spanyol - Presiden LFP – Otoritas Liga Spanyol, Javier Tebas, mengatakan Barcelona takkan bisa bermain di La Liga jika Katalunya merdeka dan memisahkan dari Spanyol. Bukan hanya Tebas yang berkata demikian, Menteri Olahraga Negeri Matador, Miguel Cardenal, juga berpendapat serupa.*

“FC Barcelona takkan bisa berkompetisi di Liga Spanyol. Hal yang lucu jika Katalunya merdeka, namun mereka masih terdaftar sebagai anggota Federasi Sepakbola Spanyol,” jelas Cardenal seperti mengutip dari Goal, Selasa (22/9/2015).

Blaugrana –julukan Barcelona– sendiri berada di wilayah Katalunya bersama tim La Liga lainnya, Espanyol. Presiden Katalunya, Artur Mas, mengisyaratkan untuk mengadakan pemilihan umum (pemilu) pada Sabtu 26 September 2015.

Dalam pemilu tersebut juga akan dibentuk referendum untuk memisahkan diri dari Spanyol. Jika hal itu terjadi, tentu sebuah kerugian bagi Barca. Lionel Messi dan kawan-kawan tak serta merta bisa tampil di ajang Liga Champions yang menghadirkan banyak pundi-pundi uang bagi mereka.

Sebab, Liga Katalunya akan mendapat penghitungan awal dari otoritas sepakbola Eropa, yakni UEFA. Beda dengan La Liga yang memiliki koefisien tertinggi di UEFA dan merupakan kompetisi nomor satu di Eropa saat ini.

Sejatinya Barca tak mau memisahkan diri dari La Liga jikapun Katalunya merdeka pada akhir pekan nanti. Presiden El Barca, Josep Maria Bartomeu, yang menyuarakan langsung keengganannya hengkang dari kompetisi teratas sepakbola Spanyol tersebut.

“Kami selalu bicara tentang olahraga. Kami tidak berkampanye. Kami mengerti ada politik yang harus dilalui dalam masalah ini, namun Barca selalu menunjukkan sikap netral,” jelas Bartomeu.

Sejatinya bukan Barca saja yang merasa dirugikan jika hengkang dari La Liga. Kompetisi terelite di Spanyol itu juga harus kehilangan salah satu tim papan atasnya. Jika itu benar-benar terjadi, laga El Clasico yang kerap mempertemukan Real Madrid kontra Barca takkan terlaksana lagi di ajang La Liga.

Pertandingan itu baru bisa dipentaskan jika Barca kembali bermain di Liga Champions atau Europa League. Namun, itu dibutuhkan waktu lama. Sebab, Liga Katalunya membutuhkan koefisien tinggi untuk mengirimkan wakilnya tampil di ajang antarklub Eropa paling prestisius tersebut.(*)

Sumber: http://bola.okezone.com/read/2015/09/22/46/1218535/barcelona-bakal-tinggalkan-la-liga
Description: Barcelona Bakal Tinggalkan La Liga Spanyol Rating: 4.5 Reviewer: Raihan Azka - ItemReviewed: Barcelona Bakal Tinggalkan La Liga Spanyol

Ingin Berlangganan Artikel-Masukkan Email Anda Disini: [GRATIS]

Terima kasih anda telah membaca artikel tentang Barcelona Bakal Tinggalkan La Liga Spanyol dan hak cipta dari semua isi/konten yang di repost dalam artikel ini ada pada setiap sumber yang dapat dilihat di akhir artikel, Jika Anda pemilik hak cipta dari isi/konten artikel Barcelona Bakal Tinggalkan La Liga Spanyol tidak ingin ditampilkan dalam www.beritaonline.web.id, Anda dapat menghubungi admin Berita Online via Contact Us.

Berita Lainnya: