Wednesday, August 26, 2015

Benarkah Mematikan Lampu Kamar Saat Bercinta Bisa Bikin Cepat Hamil?

Benarkah Mematikan Lampu Kamar Saat Bercinta Bisa Bikin Cepat Hamil? - Sebuah penelitian terbaru mengungkapkan bahwa mematikan lampu kamar saat bercinta dapat membuat wanita lebih cepat hamil. Bagaimana hal itu bisa terjadi?*

Menurut peneliti dari Amerika Serikat dan Jepang, hal ini terkait jam biologis tubuh dengan kesuburan seorang wanita. Para ahli melakukan penelitian terhadap tikus berusia lebih tua dengan mengamati jam biologis tubuhnya.

Hasil penelitian dalam laporan Jurnal Cell menunjukkan, sebanyak 71 persen tikus yang memiliki jam tubuh normal lebih dulu hamil dibandingkan tikus yang jam tubuhnya terganggu.

Berdasarkan hasil studi awal terhadap tikus ini, para peneliti yakin bahwa jam biologis atau ritme sikardian tubuh dapat memengaruhi kesuburan wanita. Namun, hal ini tidak terlalu berpengaruh pada wanita di usia muda.

Peneliti mengatakan, paparan cahaya di malam hari, seperti lampu kamar, ponsel, atau tablet, bisa membuat seseorang tidak tidur nyenyak atau tidur hingga larut malam sehingga mengganggu jam biologis manusia. Dengan begitu, tingkat kesuburan wanita pun menurun. Sumber cahaya buatan pada malam hari itu dinilai dapat menghambat kemungkinan terjadinya pembuahan saat bercinta.

Peneliti dari University of California Los Angeles dokter Gene Block mengatakan, gangguan kesuburan wanita saat ini sebenarnya tak lepas dari tantangan menghadapi kehidupan modern. Peneliti mengungkapkan, satu dari tujuh pasangan sulit mempunyai anak dan kebanyakan penyebabnya tidak diketahui.

“Kita sekarang hidup dengan tingkat cahaya tinggi di malam hari dan siklus tidur kita terganggu oleh adanya zona kerja dengan shift,” kata Block.

Selain itu, sejumlah penelitian lain menunjukkan bagaimana tidur malam dalam keadaan lampu menyala bisa meningkatkan risiko kanker, diabetes, depresi, dan obesitas. Seperti diketahui, keadaan gelap dapat merangsang produksi hormon melantonin atau hormon tidur sehingga membuat tidur malam lebih nyenyak.

Profesor Darren Griffin dari Kent University mengatakan, masalah tersebut tidak bisa dianggap remeh. Memperbaiki jam tubuh disarankan untuk mencegah masalah kesuburan.

Peneliti menyarankan para pasangan suami istri memiliki tidur malam yang baik agar cepat memiliki bayi. Matikanlah lampu kamar saat tidur, konsumsi makanan secara teBenarkah Mematikan Lampu Kamar Saat Bercinta Bisa Bikin Cepat Hamil?ratur dan pada waktunya, serta hindari pekerjaan dengan shift malam untuk meningkatkan kesuburan wanita.(*)

Penulis : Dian Maharani

Sumber: tribunnews
Description: Benarkah Mematikan Lampu Kamar Saat Bercinta Bisa Bikin Cepat Hamil? Rating: 4.5 Reviewer: Raihan Azka - ItemReviewed: Benarkah Mematikan Lampu Kamar Saat Bercinta Bisa Bikin Cepat Hamil?

Ingin Berlangganan Artikel-Masukkan Email Anda Disini: [GRATIS]

Terima kasih anda telah membaca artikel tentang Benarkah Mematikan Lampu Kamar Saat Bercinta Bisa Bikin Cepat Hamil? dan hak cipta dari semua isi/konten yang di repost dalam artikel ini ada pada setiap sumber yang dapat dilihat di akhir artikel, Jika Anda pemilik hak cipta dari isi/konten artikel Benarkah Mematikan Lampu Kamar Saat Bercinta Bisa Bikin Cepat Hamil? tidak ingin ditampilkan dalam www.beritaonline.web.id, Anda dapat menghubungi admin Berita Online via Contact Us.

Berita Lainnya: