Friday, May 1, 2015

Musik Keroncong Ternyata Bukan dari Indonesia

Musik Keroncong Ternyata Bukan dari Indonesia - Banyak yang menyangka bila keroncong adalah musik asli Indonesia. Ternyata, keroncong bukan dari Indonesia.*

Portugis salah satu negara Eropa yang pernah masuk ke Indonesia pada tahun 1511. Setelah meninggalkan Indonesia, banyak kebudayaan yang ditinggalkan Portugis di Indonesia.

Salah satu peninggalan Portugis yang ada di Jakarta adalah keroncong. Akar keroncong berasal dari sejenis musik Portugis yang disebut fado. Alat musik ini diperkenalkan oleh para pelaut dan budak kapal Portugis yang masuk ke Nusantara sejak abad ke-16.

Melemahnya pengaruh Portugis pada abad ke-17 di Nusantara tidak menghilangkan musik ini. Bentuk awal musik ini disebut moresco, yaitu sebuah tarian Spanyol yang diiringi musik dawai, seperti biola, ukulele, serta selo.

Set orkes seperti ini masih dipakai oleh Keroncong Tugu, yaitu bentuk keroncong yang dimainkan oleh komunitas keturunan Portugis dari Ambon. Mereka saat ini masih tinggal di Kampung Tugu, Jakarta Utara.

Selanjutnya, Keroncong Tugu terus berkembang ke Kemayoran dan Gambir, sehingga berbaur dengan musik Tanjidor Betawi pada tahun 1880 sampai 1920. Namun, menurut Sekretaris Ikatan Besar Keluarga Tugu, Johan Sopaheluwakan, di tengah gelombang modernisasi yang melanda Jakarta, sangat sulit bagi orang-orang keturunan Portugis di Kampung Tugu mempertahankan identitas mereka, termasuk Keroncong Tugu.

“Perkembangan modernisasi dan ekonomi telah menggerus keaslian budaya mereka saat ini. Namun, sampai saat ini Kesenian Keroncong Tugu masih berusaha bertahan,” ujarnya pada Gelar Wicara dan Pameran Karya Jejak Akulturasi Budaya Portugis dan Indonesia di Gedung Unika Atma Jaya, Kamis (30/4/2015).

Lebih lanjut, Johan Sopaheluwakan mengatakan, kondisi Keroncong Tugu saat ini tidak begitu bagus. Karenanya, dia berharap Keroncong Tugu dapat dilestarikan agar sisa peninggalan kebudayaan Portugis tidak menghilang dari Tanah Air.

“Kondisinya saat ini tidaklah begitu bagus. Oleh karenanya, jika tidak dipelihara dengan baik, maka jejak hidup salah satu pengaruh kebudayaan Portugis di Indonesia akan menghilang,” tutupnya.(*)

Sumber: okezone
Description: Musik Keroncong Ternyata Bukan dari Indonesia Rating: 4.5 Reviewer: Raihan Azka - ItemReviewed: Musik Keroncong Ternyata Bukan dari Indonesia

Ingin Berlangganan Artikel-Masukkan Email Anda Disini: [GRATIS]

Terima kasih anda telah membaca artikel tentang Musik Keroncong Ternyata Bukan dari Indonesia dan hak cipta dari semua isi/konten yang di repost dalam artikel ini ada pada setiap sumber yang dapat dilihat di akhir artikel, Jika Anda pemilik hak cipta dari isi/konten artikel Musik Keroncong Ternyata Bukan dari Indonesia tidak ingin ditampilkan dalam www.beritaonline.web.id, Anda dapat menghubungi admin Berita Online via Contact Us.

Berita Lainnya: