Sunday, March 1, 2015

Heboh, Warga Jombang Berburu Batu Akik Bernilai Ratusan Juta Rupiah

Heboh, Warga Jombang Berburu Batu Akik Bernilai Ratusan Juta Rupiah - Tak hanya di Aceh dengan batu gioknya yang bernilai puluhan milliar rupiah. Sejak dua pekan terakhir warga di Kabupaten Jombang, Jawa Timur juga dihebohkan dengan banyaknya batu-batu mulia di sebuah kubangan bekas galian C di Desa Karangasem, Kecamatan Bandarkedungmulyo.*

Setiap hari, warga ramai-ramai berburu batu mulia tersebut untuk dijual sebagai bahan batu akik. Tak peduli meski panas matahari sangat menyengat, mereka terus berusaha menyisir tanah bekas galian sedikit demi sedikit.

Buah dari kerja kerasnya tersebut, tak jarang dari mereka mendapatkan buruannya, berupa batu-batu mulia yang masih mentah. Beragam jenis batu mulia yang sering ditemukan warga, seperti Siwalan, Atiayam, Kecubung, Virus Merah, dan masih banyak lagi.

Biasanya batu tersebu mereka jual pada seorang pengepul dengan harga bervariasi, mulai dari Rp100 ribu hingga Rp500 ribu. Harga yang cukup tinggi ini menarik warga setiap hari untuk terus berdatangan dari berbagai desa bahkan dari luar Jombang.

Sukamto (37), salah seorang pemburu batu mulia asal Desa Megaluh, Kecamatan Megaluh-Jombang mengaku, biasanya ia hanya bekerja sebagai buruh tani. Namun, sejak berita banyaknya batu mulia di kubangan bekas galian C beredar luas, ia akhirnya ikut datang dan mencari batu mulia di tempat tersebut.

Dalam sehari warga bisa mendapatkan lima sampai 10 biji batu mulia berbagai jenis. Bagi Sukamto dan rekan-rekannya, mencari batu mulia kini seolah sudah menjadi profesi barunya.

Di tanah biasa, ujar Sukamto, batu-batu mulia seperti ini sulit ditemukan karena adanya memang hanya di dalam tanah dengan kedalaman tertentu. Itu sebabnya saat aktifitas galian C sudah mengeruk tanah hingga kedalaman 10 meter lebih, warga langsung berlomba-lomba mencari batu mulia di tempat ini.

Penemuan banyaknya batu mulia di bekas galian C bermula dari ketidaksengajaan. Saat itu salah seorang warga menemukan sebuah bongkahan batu mulia yang laku dijual dengan harga ratusan ribu.

Sejak kabar tersebut beredar luas, warga dari berbagai desa akhirnya ikut-ikutan datang dan setiap hari ramai-ramai memburunya.**

Sumber: okezone.com
Description: Heboh, Warga Jombang Berburu Batu Akik Bernilai Ratusan Juta Rupiah Rating: 4.5 Reviewer: Raihan Azka - ItemReviewed: Heboh, Warga Jombang Berburu Batu Akik Bernilai Ratusan Juta Rupiah

Ingin Berlangganan Artikel-Masukkan Email Anda Disini: [GRATIS]

Terima kasih anda telah membaca artikel tentang Heboh, Warga Jombang Berburu Batu Akik Bernilai Ratusan Juta Rupiah dan hak cipta dari semua isi/konten yang di repost dalam artikel ini ada pada setiap sumber yang dapat dilihat di akhir artikel, Jika Anda pemilik hak cipta dari isi/konten artikel Heboh, Warga Jombang Berburu Batu Akik Bernilai Ratusan Juta Rupiah tidak ingin ditampilkan dalam www.beritaonline.web.id, Anda dapat menghubungi admin Berita Online via Contact Us.

Berita Lainnya: