Wednesday, September 10, 2014

Gara-gara Tak Mampu Bayar Mas Kawin, Menantu Disekap Mertua

Gara-gara Tak Mampu Bayar Mas Kawin, Menantu Disekap Mertua - Seorang wanita di India, bernama Gunja Devi, disekap oleh mertuanya selama tiga tahun di kamar mandi karena saat menikah dulu, orangtuanya tidak mampu membayar mahar. Selama disekap, perempuan berusia 25 tahun itu, dibiarkan tidak terurus dan disiksa.*

Diberitakan BBC edisi Selasa, 9 September 2014, dari keterangan polisi, Gunja disekap oleh mertua di kediaman mertuanya di Distrik Darbhanga, bagian timur negara bagian Bihar. Gunja akhirnya berhasil diselamatkan polisi, karena ayahnya, Shyam Sundar Singh, melapor kepada polisi besannya itu tidak mengizinkan untuk bertemu Gunja.

Namun, tidak diketahui dengan jelas penyebab sang ayah baru menemui putrinya setelah tiga tahun dia menikah. Operasi penyelamatan Gunja berlangsung lebih dari satu pekan dan menjadi perbincangan di media setempat. Foto-foto saat Gunja baru diselamatkan pun beredar luas di publik.

Ketika diselamatkan, keadaan Gunja sangat berantakan. Tubuh kurus dibalut baju compang camping, rambut acak-acakan dan kuku yang sudah sangat panjang.

Kisah Gunja mulai menjadi perhatian luas nasional India, ketika pada Senin kemarin, salah satu media memberitakan penderitaan Gunja yang disekap mertua di kamar mandi gelap dan kotor. Mertuanya bahkan tega hanya memberi Gunja makan seadanya.

Namun, petugas polisi, Seema Kumari, tidak mengonfirmasi apakah Gunja benar disekap mertua di kamar mandi.

"Begitu diselamatkan, dia langsung menanyakan keberadaan putrinya yang berusia tiga tahun. Namun, dia kemudian menangis, karena putrinya sudah tidak mengenali dia lagi," ungkap Press Trust.

Kini, polisi telah menahan suami Gunja dan mertuanya. Gunja menikah dengan suami pada tahun 2010 lalu dan dikaruniai anak perempuan. Justru, mala petaka datang karena penyiksaan terhadap Gunja kian menjadi, setelah dia melahirkan bayi perempuan.

Mas kawin telah diilegalkan di India sejak tahun 1961, namun pada praktiknya masih tetap berlaku di sana. Membayar dan menerima mas kawin merupakan tradisi di Asia Selatan yang telah berlangsung selama ratusan tahun.

Dalam tradisi itu, keluarga mempelai wanita memberikan keluarga mempelai laki-laki uang tunai, pakaian dan perhiasan. Namun, gara-gara masalah mas kawin ini, ribuan wanita justru tewas terbunuh.(*)/viva
Description: Gara-gara Tak Mampu Bayar Mas Kawin, Menantu Disekap Mertua Rating: 4.5 Reviewer: Raihan Azka - ItemReviewed: Gara-gara Tak Mampu Bayar Mas Kawin, Menantu Disekap Mertua

Ingin Berlangganan Artikel-Masukkan Email Anda Disini: [GRATIS]

Terima kasih anda telah membaca artikel tentang Gara-gara Tak Mampu Bayar Mas Kawin, Menantu Disekap Mertua dan hak cipta dari semua isi/konten yang di repost dalam artikel ini ada pada setiap sumber yang dapat dilihat di akhir artikel, Jika Anda pemilik hak cipta dari isi/konten artikel Gara-gara Tak Mampu Bayar Mas Kawin, Menantu Disekap Mertua tidak ingin ditampilkan dalam www.beritaonline.web.id, Anda dapat menghubungi admin Berita Online via Contact Us.

Berita Lainnya: