Tuesday, August 19, 2014

Inilah Artis-artis yang Masih Keturunan Pahlawan Nasional

Inilah Artis-artis yang Masih Keturunan Pahlawan Nasional - Musisi ternama Maia Estianty buka-bukaan soal silsilah keluarganya yang ternyata masih keturunan pahlawan nasional. Banyak masyarakat tak tahu bahwa Maia adalah cicit dari seorang pahlawan nasional di zaman rezim pemerintahan presiden pertama, Soekarno, yakni H.O.S. Cokroaminoto.*

Maia saat menjadi bintang tamu acara Seputar Obrolan Selebriti (SOS) ANTV, Senin 18 Agustus 2014, mengatakan begitu bangga bahwa ia memiliki kakek buyut yang memberikan banyak pendidikan kepadanya.

"Saya tahu menjadi keturunan HOS Cokroaminoto dari bapak. Saat SD saya diberitahu. Pasti bangga punya eyang pejuang," katanya.

Baginya, sang kakek memberikan pendidikan akhlak yang baik bagi keluarganya. Ia pun mengaku tertular.

Maia pun sesungguhnya selalu menanamkan pada anak-anaknya, bahwa pendidikan adalah hal yang penting. Namun, lantaran buah hatinya sempat jauh darinya dan berada di bawah hak asuh mantan suaminya, Ahmad Dhani, Maia tidak bisa mengajarkan pada tiga putranya soal pentingnya pendidikan.

"Beliau memberikan pendidikan akhlak bagi kita semua keluarganya. Saya pun mencontohkan kepada anak-anak saya," ujarnya.

Maia mengaku bahagia, kisah hidup kakek buyutnya tertuang dalam beberapa buku pelajaran yang ia tak sengaja baca di toko buku.

Sebenarnya tak hanya Maia yang memiliki darah dari seorang pejuang nasional. Masih ada beberapa artis dan publik figur yang memiliki hal itu.

Bapak Pers Nasional adalah buyut Dewi Yull

Tak banyak yang tahu, bahwa selain Maia, penyanyi era 80-an Dewi Yull adalah salah satu artis yang memiliki darah seorang pejuang.

Ya, tak disangka Dewi adalah cicit dari R.M. Tirto Adhi Soerjo, Bapak Pers Indonesia, seorang pejuang pertama yang mendirikan Surat Kabar “Medan Prijaji”. Surat kabar yang didirikan oleh sang kakek adalah menyoroti keburukan kolonialisme di zaman penjajahan.

Nia Dinata cucu Oto Iskandar di Nata

Tak hanya penyanyi Maia dan Dewi Yull, sutradara wanita Nia Dinata ternyata juga memiliki darah keturunan pahlawan. Wanita kelahiran 4 Maret 1970 ini adalah cucu pahlawan nasional Oto Iskandar di Nata.

Nama Oto Iskandar di Nata sangat populer zaman kemerdekaan RI sebagai seorang menteri negara di kabinet pertama Soekarno-Hatta.

Pemilik nama lengkap Raden Oto Iskandar di Nata diangkat sebagai Pahlawan Nasional berdasarkan Surat Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 088/TK/Tahun 1973, tanggal 6 November 1973.(*)/viva.co.id Description: Inilah Artis-artis yang Masih Keturunan Pahlawan Nasional Rating: 4.5 Reviewer: Raihan Azka - ItemReviewed: Inilah Artis-artis yang Masih Keturunan Pahlawan Nasional

Ingin Berlangganan Artikel-Masukkan Email Anda Disini: [GRATIS]

Terima kasih anda telah membaca artikel tentang Inilah Artis-artis yang Masih Keturunan Pahlawan Nasional dan hak cipta dari semua isi/konten yang di repost dalam artikel ini ada pada setiap sumber yang dapat dilihat di akhir artikel, Jika Anda pemilik hak cipta dari isi/konten artikel Inilah Artis-artis yang Masih Keturunan Pahlawan Nasional tidak ingin ditampilkan dalam www.beritaonline.web.id, Anda dapat menghubungi admin Berita Online via Contact Us.

Berita Lainnya: