Friday, January 25, 2013

Sumpah Pocong 7 Turunan Dilakukan Oleh Pejabat Bali

Tidak terima dituding melakukan korupsi milyaran rupiah, seorang pejabat di lingkungan Institut Hindu Darma Negeri (IHDN) Denpasar, akhirnya menerima tantangan sumpah cor (sumpah pocong, red) yang ditujukan kepadanya.

Sumpah cor yang kutukannya berlaku tujuh turunan ini akan menjadi yang pertama kalinya dilakukan di Bali maupun di Indonesia.

Sumpah cor secara agama Hindu ini nantinya akan dilakukan Kepala Biro Administrasi Umum IHDN, DR Praptini Mpd pada Sabtu (26/1/2013) di Pura terbesar di Bali yakni Pura Besakih di Karangasem.

Praptini mengaku, ia mau melakukan sumpah cor ini untuk menjawab segala tuduhan korupsi yang dialamatkan kepadanya oleh Pembantu Rektor I IHDN Denpasar, I Made Redana.

"Saya dituduh menerima fee sebesar Rp 2,5 milyar untuk pengadaan APBNP 2011. Padahal saya tidak pernah menerimanya dan itu bisa diperiksa. Selain dituduh melakukan korupsi dengan tanpa bukti, saya juga ditantang untuk melakukan sumpah cor. Saya terima tantangan itu (sumpah cor) karena saya memang tidak melakukan seperti apa yang dituduhkan," ujar Praptini, ketika ditemui di Denpasar, Jumat (25/1/2013).

Sumpah cor dengan sarana upacara lengkap ini akan dipuput atau dipimpin oleh seorang sulinggih atau pendeta dari Mengwi, Kabupaten Badung. Untuk diketahui, sumpah cor di Bali merupakan sumpah yang sangat sakral dan kutukannya akan berlaku hingga tujuh turunan terhadap keluarga yang menjalani sumpah.

Salah satu kutukan dari sumpah cor ini antara lain, jika punya anak laki-laki, maka anak laki-laki ini akan meninggal saat menginjak usia dewasa. Sementara jika yang melakukan sumpah mempunyai anak perempuan, maka anak perempuannya akan gila dengan merobek-robek pakaian di jalanan dan itu berlaku hingga tujuh turunan.

Namun jika tuduhan ini tak terbukti, maka kutukan sumpah cor ini akan berbalik, berlaku kepada orang yang menuduh dan jangka waktu kutukannya pun sama yakni selama tujuh turunan.
Selain kepada anak, kutukan sumpah cor ini juga berlaku bagi adik, kakak, misan, hingga mindon orang yang ikut sumpah cor ini.

"Jadi saya sampaikan lagi, saya bersedia melakukan sumpah cor ini karena saya ditantang, dan itu sebuah resiko. Saya akan lakukan ini sebagai pembuktian, bahwa saya tidak melakukan seperti apa yang dituduhkan Made Redana," tegasnya.

Sumpah cor menurut keyakinan Hindu yang dilakukan Praptini, akan menjadi sumpah cor pertama dengan tuduhan korupsi di Bali. Sumpah cor atau sumpah pocong di daerah Jawa, biasanya seringkali berkaitan dengan tuduhan menguasai ilmu santet atau ilmu hitam.

Sumpah cor sendiri merupakan salah satu bentuk upasaksi. Sumpah dalam bentuk cor (berhubungan dengan penguatan pengakuan), adalah sumpah yang mempergunakan sarana mantram Temah Sang Hiang Aricandana. Pengambil sumpah cor biasanya dilakukan oleh seorang rohaniawan yang ditunjuk.

Tidak hanya itu, lokasi pelaksanaan sumpah cor harus di tempat suci. Sementara yang disumpah harus berpakaian putih atau pakaian adat setempat dengan menggunakan sarana upacara sesuai dengan kondisi setempat.(*)

Sumber: inilah.com Description: Sumpah Pocong 7 Turunan Dilakukan Oleh Pejabat Bali Rating: 4.5 Reviewer: Raihan Azka - ItemReviewed: Sumpah Pocong 7 Turunan Dilakukan Oleh Pejabat Bali

Ingin Berlangganan Artikel-Masukkan Email Anda Disini: [GRATIS]

Terima kasih anda telah membaca artikel tentang Sumpah Pocong 7 Turunan Dilakukan Oleh Pejabat Bali dan hak cipta dari semua isi/konten yang di repost dalam artikel ini ada pada setiap sumber yang dapat dilihat di akhir artikel, Jika Anda pemilik hak cipta dari isi/konten artikel Sumpah Pocong 7 Turunan Dilakukan Oleh Pejabat Bali tidak ingin ditampilkan dalam www.beritaonline.web.id, Anda dapat menghubungi admin Berita Online via Contact Us.

Berita Lainnya: