Thursday, January 10, 2013

Siapa Jemberhacker, Peretas Situs SBY?

Anggota Komisi I DPR dari Fraksi Partai Demokrat, Roy Suryo, mengatakan, situs presidensby.info bukan kemarin saja diretas. Menurut dia, dua tahun lalu, tatkala dirinya menjadi supervisor, situs itu juga kerap diserang peretas.

"Kasus yang terjadi pada situs presidensby.info kemarin siang itu persis yang terjadi sekitar dua tahun lalu. Jadi, kalau situs presidensby.info, setahu saya waktu jadi supervisor, itu sering kali mengalami serangan,"
kata Roy di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis 10 Januari 2013.

Menurut dia, serangan itu tidak langsung masuk ke laman. Peretas menyerang jalan masuk ke laman presidensby.info. "Jadi, yang di-hack itu jalannya, situsnya sih nggak kena. Jadi, jalan di situs seolah-olah dibelokkan. Misalnya, presidensby.info dialihkan ke apa," kata ahli telematika ini.

Roy mengungkapkan, tak hanya laman SBY yang kerap diretas. Laman sejumlah kementerian juga tak luput dari serangan sejenis. "Kominfo itu pernah di-hack. Tapi, tidak langsung kena ke servernya, tapi ke jalannya. Jalan masuknya dibelokkan ke mana gitu," ujarnya.

Siapa pelakunya?

Peretas laman presidensby.info kemarin meninggalkan jejak "hacked by MJL007', jember hacker team." Sebuah alamat email juga ditinggalkan, yaitu jemberhackerterorrist@gmail.com. Roy Suryo menduga, peretas ini merupakan pemain baru. "Itu orang ngisengin saja," ujar Roy.

Sebenarnya, menurut dia, banyak kelompok peretas yang merupakan komunitas kreatif, namun belum menemukan sarana penyaluran. "Jember hacker belum pernah muncul, yang muncul kan dulu medanhacker, hackerlink, antihacker link, jogjahacker," ujarnya.

Namun, menurut dia, bisa saja peretas yang menamakan diri sebagai jemberhacker ini sebagai pemain lama.(*)

Sumber: viva.co.id Description: Siapa Jemberhacker, Peretas Situs SBY? Rating: 4.5 Reviewer: Raihan Azka - ItemReviewed: Siapa Jemberhacker, Peretas Situs SBY?

Ingin Berlangganan Artikel-Masukkan Email Anda Disini: [GRATIS]

Terima kasih anda telah membaca artikel tentang Siapa Jemberhacker, Peretas Situs SBY? dan hak cipta dari semua isi/konten yang di repost dalam artikel ini ada pada setiap sumber yang dapat dilihat di akhir artikel, Jika Anda pemilik hak cipta dari isi/konten artikel Siapa Jemberhacker, Peretas Situs SBY? tidak ingin ditampilkan dalam www.beritaonline.web.id, Anda dapat menghubungi admin Berita Online via Contact Us.

Berita Lainnya: