Tuesday, January 15, 2013

Kisah Operasi Payudara yang Gagal, Puting Lepas dan Membusuk

Demi mendapatkan bentuk payudara ideal, banyak orang rela melakukan permak atau operasi di bagian tersebut. Sayang tidak semua berhasil, ada juga yang gagal hingga kehilangan puting susu atau mengalami pembusukan jaringan payudara.

Operasi permak payudara memang bukan operasi yang dijamin 100 persen pasti membuahkan hasil memuaskan. Tahun lalu saja, sedikitnya 100.000 operasi permak payudara telah dilakukan di seluruh Inggris dan 5 persen di antaranya dinyatakan gagal.

Salah satunya seperti yang dialami seorang pasien di Chelsea and Westminster Hospital, yang diangkat dalam sebuah film dokumenter. Film tersebut memuat gambar-gambar hasil operasi yang gagal, dengan bentuk payudara serta bekas luka yang mengerikan.

Claire, si pasien yang berasal dari Essex mengira operasi mengecilkan payudara bakal membuat hidupnya lebih mudah. Namun di luar dugaan, operasi ini malah membuatnya harus mengalami komplikasi berupa pembusukan jaringan payudara.

"Sangat mengerikan. Seperti lubang dengan daging terbuka. Putingnya seperti berdiri sendiri. Saya sangat takut pada titik itu, khawatir saya akan kehilangan payudara kanan," kata Claire seperti dikutip dari Daily Mail, Selasa (15/1/2013).

Kondisi yang tidak diharapkan ini terjadi sejak 2 hari setelah operasi, ketika puting dan area di sekitarnya berubah menjadi biru. Ia mengalami necrosis, yakni kondisi ketika jaringan payudara mulai mati karena kekurangan oksigen.

Kondisi ini juga membuat Claire mengalami luka terbuka di kedua payudaranya. Ia baru bisa menjalani operasi rekonstruksi atau perbaikan bentuk jika luka tersebut sudah sembuh, dan diperkirakan butuh waktu 2 tahun hingga benar-benar tuntas.

"Kamu merasa seperti dimutilasi pada saat itu dan ini sangat sulit intik diterima, khususnya mengingat ini adalah keputusanmu sendiri," tambah Claire.

Kisah Claire bukan satu-satunya kisah tentang operasi payudara yang gagal. Dalam film dokumenter yang lain, seorang pasien laki-laki bernama Mark dari Liverpool kehilangan puting gara-gara operasi semacam itu.

Laki-laki 38 tahun itu juga mengalami necrosis atau pembusukan jaringan payudara. Bahkan lebih parah, sebab kondisi itu sampai membuat puting kirinya terlepas dari payudara.

Upaya untuk mengembalikan puting tersebut melalui cangkok kulit juga gagal. Akhirnya Mark memilih untuk menunggu lukanya sembuh, untuk kemudian memasang puting imitasi atau prosthetic nipple sekedar untuk mengembalikan rasa percaya dirinya.(80

Sumber: health.detik.com Description: Kisah Operasi Payudara yang Gagal, Puting Lepas dan Membusuk Rating: 4.5 Reviewer: Raihan Azka - ItemReviewed: Kisah Operasi Payudara yang Gagal, Puting Lepas dan Membusuk

Ingin Berlangganan Artikel-Masukkan Email Anda Disini: [GRATIS]

Terima kasih anda telah membaca artikel tentang Kisah Operasi Payudara yang Gagal, Puting Lepas dan Membusuk dan hak cipta dari semua isi/konten yang di repost dalam artikel ini ada pada setiap sumber yang dapat dilihat di akhir artikel, Jika Anda pemilik hak cipta dari isi/konten artikel Kisah Operasi Payudara yang Gagal, Puting Lepas dan Membusuk tidak ingin ditampilkan dalam www.beritaonline.web.id, Anda dapat menghubungi admin Berita Online via Contact Us.

Berita Lainnya: