Friday, January 11, 2013

Foto: Pria Penuh Tato Maju Jadi Calon Presiden

Seorang profesor di Ceko menyatakan maju sebagai calon presiden negara tersebut berkat dukungan dari para penggemarnya. Bukan hanya karena pengalaman politik yang minim yang membuatnya jadi pusat perhatian, tapi tato yang menghiasi hampir seluruh bagian di tubuhnya, dari kaki hingga kepala.

Adalah Vladimir Franz, professor di Academi Seni di Praha yang turut maju menjadi salah satu dari sembilan calon presiden negara tersebut. Pemilihan presiden Ceko akan digelar selama dua hari pada 11-12 Januari 2013.

Pencipta lagu dan pelukis ini mengatakan awalnya tertarik maju jadi pemimpin karena tidak punya pengalaman politik dan awam dalam ekonomi. Namun, karena didorong oleh para penggemarnya yang membuat situs pemenangan Franz sebagai presiden, akhirnya pria 53 tahun ini tidak kuasa menolak.


Diberitakan Telegraph, Kamis 10 Januari 2013, popularitas Franz sudah merebak di kalangan pemuda dan pekerja seni. Dalam pemilu contoh di kalangan pelajar, Franz menempati peringkat pertama dengan merebut lebih dari 40 persen suara.

Pendukungnya juga tidak main-main. Seorang ekonom kawakan Ceko siap membantunya tanpa dibayar. Puluhan pemuda relawan juga menawarkan diri menjadi tim suksesnya dengan cuma-cuma. Dia hanya menghabiskan dana donatur sebesar US$25.000 untuk kampanye, dengan tanpa menempel poster.

Sebelum dinyatakan resmi maju capres, dia mendapatkan tandatangan dukungan dari 88.000 orang pada akhir 2012. Jumlah ini jauh lebih banyak dari yang ditetapkan pemerintah Ceko, yaitu 50.000 tandatangan.


Maju sebagai calon independen, Franz mencoba menjawab keresahan warga Ceko terhadap korupsi dan pemerintah yang gagal memenuhi janji mereka, lebih dari dua dekade setelah komunisme runtuh.

Inilah yang menjadi topik utama dalam kampanye dan debat politiknya; memberantas korupsi, pentingnya pendidikan, dan peningkatan moral. "Sistem politik Ceko terlalu berbangga diri dan kehilangan kemampuan untuk bercermin ke dalam. Warga Ceko sudah muak dengan sampah ini," kata dia.

Makhluk Eksotis


Oleh para pendukungnya, Franz dijuluki Avatar. Selama debat calon presiden, rivalnya membandingkannya dengan 'makhluk eksotis dari Papua Nugini'.


Betapa tidak, Franz memiliki tato yang luar biasa banyak, berwarna hijau dan merah dengan latar biru. Di tangannya, ada gambar komposer Ceko Bohuslav Martiny, di dadanya ada gambar salib besar.

"Tatoo adalah tanda kebebasan berkehendak dan tidak melanggar kemerdekaan orang lain," kata dia.

Sebagian rakyat Ceko mengatakan tidak akan memilihnya, walaupun mereka mengaku tidak masalah dengan penampilan Franz. "Secara pribadi saya tidak akan memilihnya. Namun tidak ada masalah sama sekali dengan tatonya. Pemuda memilihnya karena mereka pikir tidak ada calon yang lebih baik," kata seorang warga di Praha, Tomas Pistora, 33.


Pemilu hari ini di Ceko akan menjadi pemilu langsung pertama di Ceko. Diperkirakan, Franz hanya akan mendapatkan 11 persen suara dan tidak akan lolos di babak selanjutnya.(*)

Sumber: viva.co.id Description: Foto: Pria Penuh Tato Maju Jadi Calon Presiden Rating: 4.5 Reviewer: Raihan Azka - ItemReviewed: Foto: Pria Penuh Tato Maju Jadi Calon Presiden

Ingin Berlangganan Artikel-Masukkan Email Anda Disini: [GRATIS]

Terima kasih anda telah membaca artikel tentang Foto: Pria Penuh Tato Maju Jadi Calon Presiden dan hak cipta dari semua isi/konten yang di repost dalam artikel ini ada pada setiap sumber yang dapat dilihat di akhir artikel, Jika Anda pemilik hak cipta dari isi/konten artikel Foto: Pria Penuh Tato Maju Jadi Calon Presiden tidak ingin ditampilkan dalam www.beritaonline.web.id, Anda dapat menghubungi admin Berita Online via Contact Us.

Berita Lainnya: