Friday, January 11, 2013

Di Desa Ini Wanita Dilarang Pakai Ponsel

Ada-ada saja peraturan di desa ini. Yakni, Distrik Udaipur, Negara Bagian Rajasthan, India. Wanita tak boleh menggunakan ponsel alias telepon seluler. Kaum Hawa juga tidak diperkenankan menari dan bernyanyi saat pesta pernikahan.

Tahu enggak kenapa?

Seperti dikutip Times of India, Jumat (11/1), langkah ini diambil untuk mencegah terulangnya insiden pemerkosaan terjadi di dalam sebuah bus di Ibu Kota New Delhi pertengahan bulan lalu. Korban yang merupakan mahasiswi kedokteran berusia 23 tahun akhirnya meninggal.

Seorang anggota dewan tidak disebutkan namanya mengatakan pihaknya juga melarang laki-laki dan perempuan menikah dengan pasangan ditentang oleh keluarga atau dengan pasangan beda komunitas.

Larangan ini dibuat oleh Dewan Anjuman mayoritas muslim di Desa Salumbar, sekitar 400 kilometer dari Ibu Kota Jaipur, Rajasthan. “Kami memutuskan melarang gadis membawa dan menggunakan telepon seluler. Keputusan ini diambil setelah kami melihat telepon seluler dapat mengganggu gadis-gadis ini,” kata Sekretaris Dewan Desa Salumbar, Habibur Rahman.

Dia mengatakan larangan itu justru dibuat untuk menjamin keamanan kaum perempuan di wilayah itu. Dia menyebut perempuan juga dilarang menari dan bernyanyi saat pesta pernikahan dan sepasang kekasih tidak boleh menikah jika berlawanan dengan kehendak keluarga.

Rahman menyebut hukuman akan diberikan kepada perempuan yang kedapatan melanggar aturan dewan desa. Dia menjelaskan jika ada pasangan kabur dari rumah untuk menikah maka akan diasingkan dan dikenakan denda Rp 9,1 juta. “Denda ini juga akan dikenakan kepada seseorang kedapatan menikah dengan pasangan dari komunitas lain.”

Dia mengatakan keputusan dibuat dewan desa ini telah dikomunikasikan kepada seluruh anggota keluarga di desa itu.

Larangan penggunaan telepon seluler bagi perempuan juga pernah dibuat dewan di Desa Bihar, selatan India, awal bulan lalu. Larangan ini dibuat supaya para gadis tidak kawin lari dengan kekasihnya.

Koran the Daily Mail menulis, perempuan belum kawin akan didenda sebesar Rp 2 juta jika ketahuan menggunakan perangkat komunikasi itu. Sedangkan perempuan sudah menikah akan didenda sekitar Rp 300 ribu.

Aturan itu ditetapkan oleh Dewan Sunderbari di wilayah timur laut India. “Menjadi hal memalukan ketika seseorang menanyakan siapa yang sudah kawin lari,” kata Ketua Dewan, Manuwar Alam.(*)

Sumber: madiunkingdom.blogspot.com Description: Di Desa Ini Wanita Dilarang Pakai Ponsel Rating: 4.5 Reviewer: Raihan Azka - ItemReviewed: Di Desa Ini Wanita Dilarang Pakai Ponsel

Ingin Berlangganan Artikel-Masukkan Email Anda Disini: [GRATIS]

Terima kasih anda telah membaca artikel tentang Di Desa Ini Wanita Dilarang Pakai Ponsel dan hak cipta dari semua isi/konten yang di repost dalam artikel ini ada pada setiap sumber yang dapat dilihat di akhir artikel, Jika Anda pemilik hak cipta dari isi/konten artikel Di Desa Ini Wanita Dilarang Pakai Ponsel tidak ingin ditampilkan dalam www.beritaonline.web.id, Anda dapat menghubungi admin Berita Online via Contact Us.

Berita Lainnya: