Tuesday, December 18, 2012

Studi: Wanita Lajang Rentan Depresi

Meski pernikahan tidak menjanjikan mulusnya kehidupan, nyatanya komitmen ini banyak dipilih. Mereka merasa lebih bahagia dan memiliki kualitas mental lebih baik dibanding dengan mereka yang memilih hidup melajang.

Sebuah penelitian menunjukkan, ada sekitar 20 hingga 35 persen wanita lajang yang rentan terhadap depresi, dibandingkan dengan wanita menikah yang hanya tercatat 10 persen.

Studi yang dilakukan pada 6.000 responden ini mencatatkan pandangan wanita tentang pernikahan berdasarkan risiko dan manfaat. Pada mereka yang hidup berpasangan namun tidak menikah atau memilih melajang, lebih rentan mengalami tindak kekerasan dari pasangannya. Sedangkan pasangan menikah memiliki emosi lebih stabil kerena telah memikirkan segala risiko yang mungkin terjadi pada pernikahan.

Menurut pemimpin riset dari Universitas Toronto Dr. Marccelo Urquia, tinggal bersama menjadi proses pengenalan diri satu sama lain. Namun terlepas dari hal tersebut, wanita menikah tidak mengalami masalah psikososial yang berarti.

Dilansir Daily Mail studi ini menemukan angka depresi 10 persen untuk wanita menikah, 20 persen untuk wanita berpasangan namun tidak menikah, dan 35 persen pada wanita lajang. (*)

Sumber: viva.co.id Description: Studi: Wanita Lajang Rentan Depresi Rating: 4.5 Reviewer: Raihan Azka - ItemReviewed: Studi: Wanita Lajang Rentan Depresi

Ingin Berlangganan Artikel-Masukkan Email Anda Disini: [GRATIS]

Terima kasih anda telah membaca artikel tentang Studi: Wanita Lajang Rentan Depresi dan hak cipta dari semua isi/konten yang di repost dalam artikel ini ada pada setiap sumber yang dapat dilihat di akhir artikel, Jika Anda pemilik hak cipta dari isi/konten artikel Studi: Wanita Lajang Rentan Depresi tidak ingin ditampilkan dalam www.beritaonline.web.id, Anda dapat menghubungi admin Berita Online via Contact Us.

Berita Lainnya: