Friday, December 14, 2012

Penelitian: Orang Pendek Lebih Panjang Umur

Seberapa sehat  tubuh, sampai sekarang mungkin masih dinilai dari ukuran tinggi badan. Mereka yang berpostur tinggi dianggap lebih super, karena asupan gizi berlimpah, dan pertumbuhan tulang yang baik.

Namun, studi terbaru justru mengungkap hal sebaliknya. Semakin lamban pertumbuhan tubuh pada usia anak-anak, diperkirakan umurnya semakin panjang saat usia dewasa hingga tua nanti.

Kesimpulan ini didapatkan dari penelitian panjang yang dilakukan para ilmuwan dari Glasgow University, Skotlandia. Mereka melakukan studinya dengan menggunakan media ikan stickleback.

Pada ikan yang tumbuh lebih cepat, dalam artian lebih cepat panjang, jaringan di dalam tubuhnya lebih cepat rusak. Ini yang mengakibatkan usia mereka menjadi lebih singkat.

Sementara itu, ikan yang tumbuh lambat dinyatakan memiliki hidup 30 persen lebih lama, yakni 1000 hari. Sebaliknya, ikan yang tumbuh cepat, usianya berkurang sekitar 15 persen.

Profesor Neil Metcalfe, salah seorang peneliti mengatakan, "Hasil dari penelitian ini sangat mencolok. Terlihat jika tubuh yang tumbuh lebih cepat memiliki kerusakan jaringan tubuh yang lebih banyak, dibanding dengan tubuh yang tumbuh lambat."

Ia menambahkan jika temuan ini juga berlaku untuk spesies lain, termasuk manusia, karena proses pertumbuhan jaringan dan proses penuaan pada hewan serta manusia tidak jauh berbeda.

"Pertumbuhan yang lebih cepat pada usia anak-anak dikaitkan dengan risiko kerusakan jaringan yang besar, dan berdampak pada penyakit di kemudian hari," paparnya seperti dikutip Daily Mail. 

Untuk memperpanjang umur, tentu saja Anda juga harus menjalankan gaya hidup sehat, termasuk pola makan dan olahraga teratur.(*)

Sumber: viva.co.id Description: Penelitian: Orang Pendek Lebih Panjang Umur Rating: 4.5 Reviewer: Raihan Azka - ItemReviewed: Penelitian: Orang Pendek Lebih Panjang Umur

Ingin Berlangganan Artikel-Masukkan Email Anda Disini: [GRATIS]

Terima kasih anda telah membaca artikel tentang Penelitian: Orang Pendek Lebih Panjang Umur dan hak cipta dari semua isi/konten yang di repost dalam artikel ini ada pada setiap sumber yang dapat dilihat di akhir artikel, Jika Anda pemilik hak cipta dari isi/konten artikel Penelitian: Orang Pendek Lebih Panjang Umur tidak ingin ditampilkan dalam www.beritaonline.web.id, Anda dapat menghubungi admin Berita Online via Contact Us.

Berita Lainnya: