Saturday, December 29, 2012

Aneh, Pria Ini Mahir Bahasa Asing Setelah Terkena Stoke

Seorang Pria dari Inggris terkejut dengan kemampuannya berbahasa Wales yang muncul tiba-tiba setelah ia terkena serangan stroke. Tim dokter menduga bagian otaknya yang berfungsi mengolah bahasa mengalami gangguan sehingga ia tiba-tiba dapat berbicara menggunakan bahasa Wales.

“Saya tidak tahu darimana kemampuan ini datang. Saya memang pernah tinggal sebentar di wilayah Wales pada masa Perang Dunia II, namun pada saat itu yang saya ingat tidak pernah mempelajari bahasa lokal,” ujar Pria bernama Alun Morgan itu, seperti dikutip oleh Scotsman, Jumat (28/12/2012).

Wales adalah satu wilayah di Britania Raya yang terletak di wilayah barat Inggris. Walaupun berbatasan dengan Inggris, bahasa bangsa Wales sangat berbeda dengan bangsa Inggris.

Tim dokter mendiagnosa pria berumur 81 tahun itu mengalami gangguan yang bernama Apashia. Aphasia terjadi ketika bagian otak yang mengatur penggunaaan bahasa mengalami kerusakan.

Kerusakan tersebut dapat disebabkan oleh serangan stroke atau kecelakaan lainnya seperti tembakan senjata, benturan keras, maupun tumor. Walaupun begitu tim dokter tidak bisa menjelaskan darimana otak Morgan mendapatkan informasi mengenai bahasa Wales.

Kebanyakan gangguan Aphasia hanya menyebabkan penderitanya mengadopsi logat asing namun tidak keseluruhan bahasanya. Pada masa Perang Dunia terdapat cerita tentang seorang wanita Norwegia yang menderita Aphasia, ia tiba-tiba berbicara dengan menggunakan logat Jerman yang sangat kental(*)

Sumber: okezone.com Description: Aneh, Pria Ini Mahir Bahasa Asing Setelah Terkena Stoke Rating: 4.5 Reviewer: Raihan Azka - ItemReviewed: Aneh, Pria Ini Mahir Bahasa Asing Setelah Terkena Stoke

Ingin Berlangganan Artikel-Masukkan Email Anda Disini: [GRATIS]

Terima kasih anda telah membaca artikel tentang Aneh, Pria Ini Mahir Bahasa Asing Setelah Terkena Stoke dan hak cipta dari semua isi/konten yang di repost dalam artikel ini ada pada setiap sumber yang dapat dilihat di akhir artikel, Jika Anda pemilik hak cipta dari isi/konten artikel Aneh, Pria Ini Mahir Bahasa Asing Setelah Terkena Stoke tidak ingin ditampilkan dalam www.beritaonline.web.id, Anda dapat menghubungi admin Berita Online via Contact Us.

Berita Lainnya: