Thursday, December 13, 2012

10 Maskapai Penerbangan Terburuk di Dunia

Maskapai penerbangan punya andil untuk memberikan kenyamanan pada traveler selama penerbangan. Ternyata, tidak semua maskapai bisa memberikan pelayanan terbaiknya. Buktinya 10 maskapai ini jadi yang terburuk di dunia. Duh!

Survei tentang maskapai terburuk di dunia, pernah dilakukan oleh Zagat dan dilansir Business Insider beberapa waktu lalu. Dalam survei ini, Zagat memberikan penilaian 0-9 (tidak wajar-wajar), 10-15 (wajar-baik), 16-19 (baik-sangat baik), 20-25 (sangat baik-istimewa), dan 26-30 (istimewa-sempurna).

Berikut hitung mundur 10 maskapai terburuk yang detikTravel lansir dari situs Business Insider, Kamis (13/12/2012):

10. Iberia

Secara keseluruhan Iberia mendapat skor 11,49. Masakapai yang berbasis di Madrid, Spanyol ini mendapat beberapa keluhan tentang pelayanannya yang dalam survei ini mendapat skor 12,15. Menurut salah satu penumpang dalam situs AirlineQuality.com, terlihat para petugasnya tidak menikmati pekerjaan mereka.

"Kursinya sangat tidak nyaman, makanan tidak enak, pramugari kasar yang hanya mau memberikan layanan makanan, sehingga mereka bisa berdiri di kabin belakang dan mengobrol. Selain itu, tidak ada TV di bagian belakang kursi maskapai ini. Satu-satunya yang terbaik dalam penerbangan maskapai ini adalah majalah dalam pesawatnya."

Menurut survei Zagat, makanan yang diberikan maskapai ini tidaklah cukup baik. Untuk urusan makanan, Iberia mendapatkan nilai 10,56 dari 30. Tapi pada bulan Juli 2010 lalu, British Airways mengumumkan penggabungkan perusahaan dengan maskapai Iberia. Semoga saja, cara ini bisa membawa perbaikan dalam penerbangan Iberia.

9. EgyptAir

Keluhan terbesar untuk maskapai EgyptAir adalah pelayanan dan kenyamanan dari awak pesawat. Dengan nilai 13,16, traveler berpendapat kalau pelayanan yang diberikan oleh awak pesawat EgyptAir sangat lambat.

Sedangkan untuk kenyamanan maskapai yang berbasis di Bandara Internasional Kairo, Mesir ini harus puas mendapat skor sebesar 11,58. Hal ini dikarenakan kursinya yang tidak nyaman dan toilet pesawat yang kotor.

Salah satu penumpangnya mengatakan, "Lain waktu, saya lebih baik pergi menggunakan maskapai lain melalui Moskow karena tidak ada yang lebih buruk dari EgyptAir. Pesawat kotor dengan pramugari yang tidak menarik. Toiletnya kotor, makanan seperti sisa dari maskapai lain, tempat duduk sempit yang tidak nyaman, dan harganya pun tidak murah."

Ia juga menambahkan, pramugari EgyptAir malas dan tidak profesional. Mereka seharusnya menurunkan harga tiket penerbangan atau meningkatkan kualitas pelayanan dengan pramugari yang lebih terlatih.

8. Air China

Penilaian keseluruhan maskapai Air China mendapat nilai 11,43, kenyamanan 11,09, pelayanan 12,94, dan makanan 10,26. Banyak penumpang yang menemukan kesalahan maskapai dari kondisi kabin pesawat yang sudah tua dan kursi-kursinya. Selain itu, traveler juga memiliki masalah dengan penundaan jadwal penerbangan tanpa ada penjelasan yang jelas.

Nilai sebesar 12,94 terhadap pelayanan maskapai ini, karena banyak pramugarinya yang tidak memahami bahasa Inggris. Namun, ada yang bilang karena ini maskapai murah, jadi Anda akan mendapatkan pelayanan sesuai dengan yang Anda bayar. Maskapai lainnya menyuguhkan makanan yang tidak enak atau memberikan makanan dalam porsi berlebihan.

7. China Eastern Airlines

Tidak hanya masuk dalam jajaran maskapai terburuk, website China Eastern Airlines juga mendapat peringkat satu sebagai yang terendah diakses. Maskapai asal China ini memperoleh penilaian secara keseluruhan 11,05, kenyamanan 11,59, pelayanan, 13,17, dan makanan 8,40.

Traveler tidak menyukai maskapai ini karena kondisi pesawat, kabin, toilet, dan kursinya. Adapun keluhan lainnya yakni penerbangannya yang sering tertunda, penjadwalan ulang penerbangan, dan pengalihan penerbangan tanpa adanya pemberitahuan. Masalah ini pun membuat wisatawan repot dan stres.

6. China Southern Airlines

Satu lagi maskapai asal China ini, termasuk yang memiliki kekurangan dibidang pelayanan dan makanan. Selain itu, website maskapai ini juga tidak memberikan informasi yang memadai tentang jalur penerbangan. Banyak pula yang tidak menyukai sistem entertainment maskapai China Southern Airlines untuk penerbangan jauh.

Seperti yang diungkapkan oleh salah satu penumpang dalam situs online, "Pengalaman dalam penerbangan ini biasa-biasa saja. Kondisi yang penuh sesak, penundaan penerbangan, makanan yang tidak enak, minuman hangat, kemampuan bahasa Inggris pramugari yang tidak memadai, kursi yang tidak bisa direbahkan."

Hati-hati saat memeriksa dan mengecek ulang tiket pesanan Anda. China Shouthern Airlines sering kali melakukan perubahan jadwal penerbangan tanpa pemberitahuan. Mungkin Anda akan ditawarkan ayam atau daging. Namun, tidak ada daftar menu yang diberikan untuk mengetahui menu lainnya. Untuk hiburan hanya ada TV gantung yang memutar film sama dengan bahasa Mandarin yang tidak dilengkapi dengan sub title. Dalam survei, maskapai ini mendapat nilai 10,73 untuk keseluruhan, 12,41 untuk kenyamanan, 12,22 untuk pelayanan, dan 7,55 dalam penyajian makanan.

5. US Airways

US Airways mendapat nilai rendah untuk pelayanan check in, pramugari yang tidak baik, kursi yang tidak nyaman, dan tidak adanya makanan enak di pesawat. Dalam ulasan ini US Airwayas mendapat nilai 11,05 untuk kenyamanan, 11,18 untuk pelayanan, 8,01 untuk makanan, dan untuk keseluruhannya mendapat nilai 10,08.

Dalam situs AirlineQuality salah satu penumpang mengatakan, "Ini adalah maskapai penerbangan dari 'neraka'. Pertama, maskapai ini tidak memiliki reservasi yang baik ketika saya menuju Philadelphia dari San Fransisco. Setelah 20 menit, pihak maskapai menunjukkan kalau 'seseorang' sudah membatalkan penerbangan saya. Padahal saya sudah melakukan konfirmasi di situs mereka."

Lebih buruknya lagi adalah sikap pramugari US Airways dan mereka berbohong pada penumpang. Sebagian besar pramugarinya kasar, tidak ramah, dan mereka memperlakukan penumpangnya layaknya sebuah ketidaknyamanan untuk hari-hari mereka.

4. Aeroflot Russian Airlines

Keluhan yang paling banyak untuk maskapai ini adalah tentang basis Areoflot Russian Airlines di Bandara Moskow. Traveler merasa kecewa dengan pengalihan bus menuju pintu, terminal yang membingungkan dan awak pesawat yang tidak ramah.

Selain itu, layanan disediakan Aeroflot Russian Airlines untuk orangtua dan penumpang yang membawa anak-anak tidak memadai. Untuk perilaku seperti ini, Aeroflot Russian Airlines mendapat penilaian secara keseluruhan sebesar 9,94, kenyamanan 10,99, pelayanan 10,85, dan makanan 8,00.

3. easyJet

Meski merupakan maskapai bujet, perusahaan ini memiliki pelayanan yang tidak terorganisir, boarding yang tidak teratur, dan penerbangan yang overbooked. Traveler harus rebutan baku untuk mendapatkan tempat duduk. Survei Zagat meberikan penilaian keseluruhan 8,44, kenyamanan 10,67, pelayanan 10,59, dan makanan 4,07.

Salah satu penumpang easyJet mengutarakan, "Semua penumpang mengatakan, kekacauan di pesawat ini tidak pantas. Mungkin easyJet tidak memerlukan biaya untuk mengalokasikan kursi dan memberikan kesan seperti sedang berjuang untuk mendapatkan tempat duduk di dalam bus yang terlalu penuh."

Kekhawatiran terbesar adalah tentang keamanan kapal saat terbang. Bagaimana tidak, saat demo keselamatan berlangsung volume audionya sangat rendah dan banyak penumpang yang menggunakan ponsel saat demonstrasi keselamatan berlangsung. Awak kapal juga tidak peduli dengan ini. Sepertinya awak pesawat lebih tertarik untuk bermain melalui sistem interkom.

2. Spirit Airlines

Keluhan terbear untuk maskapai asal Amerika Serikat ini adalah tentang kebijakan pengisian barang-barang penumpang di bagasi. Selain itu, pelayanan yang buruk, pesawat yang tidak terawat, dan kurangnya makanan dalam penerbangan internasional membuat penumpang tidak menyukai maskapai ini.

Maskapai ini pun mendapat skor secara keseluruhan 7,16, kenyamanan 8,85, pelayanan 9,42, dan makanan 3,20. Salah satu penumpang mengungkapkan, "Saya tidak peduli apa yang membuat maskapai ini murah, tapi Anda harus membayar mahal untuk waktu yang terbuang, pembatalan penerbangan, sakit kepala, pelayanan yang buruk, dan pesawat yang jelek. Perjalanan saya dari Lima, Peru ke Boston adalah mimpi terburuk dalam hidup saya."

Anda harus menyadari kalau biaya adalah segalanya, petugas bagasi maskapai ini kasar, dan penerbangan overbooked, keterlambatan penerbangan, pesawat yang tidak bersih dan hanya ada pengalaman yang mengerikan selama penerbangan.

1. Ryanair

Maskapai Ryanair menempati posisi pertama dalam daftar maskapai terburuk di dunia. Maskapai ini mendapat skor keseluruhan sebesar 4,16, kenyamanan 5,14, pelayanan 5,18. dan makanan 2,15.

Pelayanan di Ryanair buruk, sering menuda penerbangan, penarikan biaya saat menit-menit terakhir, dan penekanan penjualan barang di atas pesawat. Maskapai ini terkenal karena biaya konsesi yang mahal, iklan yang ditempel dalam interior kabin dan kalender amal bergambar pramugari seksi Ryanair.

Biaya penerbangan termurah dalam maskapai ini adalah 6 Euro (Rp 75.500), belum termasuk biaya tambahan. Maskapai ini pun harus menerima skor 2,15 karena harga makanan di dalam pesawat ini lebih mahal dari tiketnya.(*)

Sumber: travel.detik.com Description: 10 Maskapai Penerbangan Terburuk di Dunia Rating: 4.5 Reviewer: Raihan Azka - ItemReviewed: 10 Maskapai Penerbangan Terburuk di Dunia

Ingin Berlangganan Artikel-Masukkan Email Anda Disini: [GRATIS]

Terima kasih anda telah membaca artikel tentang 10 Maskapai Penerbangan Terburuk di Dunia dan hak cipta dari semua isi/konten yang di repost dalam artikel ini ada pada setiap sumber yang dapat dilihat di akhir artikel, Jika Anda pemilik hak cipta dari isi/konten artikel 10 Maskapai Penerbangan Terburuk di Dunia tidak ingin ditampilkan dalam www.beritaonline.web.id, Anda dapat menghubungi admin Berita Online via Contact Us.

Berita Lainnya: