Tuesday, December 4, 2012

10 Kota Terbaik dan Terburuk di Dunia

Beberapa kota dicintai para wisatawan karena kehidupannya yang menyenangkan. Beberapa kota malah ditakuti karena dinilai berbahaya dan mengancam keselamatan jiwa. Inilah 10 kota terbaik dan 10 kota terburuk di dunia.

Grup konsultan Mercer baru-baru ini merilis data kota-kota di dunia dengan kualitas hidup terbaik. Seperti dilansir The Sydney Morning Herald, Selasa (4/12/2012), Kota Wina di Austria dinobatkan sebagai kota dengan kualitas hidup terbaik.

Wina dengan penduduk 1,7 juta jiwa untuk keempat kalinya menempati juara satu dalam survei Mercer. Wina dianggap memiliki kehidupan budaya yang menarik, dan arsitektur yang menawan di mata wisatawan. Transportasi publiknya pun memudahkan wisatawan.

"Ini kota internasional. Saya menunggu bus dan bisa mendengar 10 bahasa," kata Dawn Gartlehner (42) asal AS.

Mercer menggelar survei tahunan untuk menentukan kota dengan kualitas hidup terbaik. Alat ukurnya melibatkan 39 faktor termasuk stabilitas politik, jaminan kesehatan, pendidikan, kejahatan, rekreasi dan transportasi.

Walau Eropa dilanda krisis utang, ada 15 kota yang masuk dalam 25 kota terbaik pada survei tahun 2012. Jerman dan Swiss paling banyak masuk dalam daftar top 10.

"Kota-kota di Eropa punya kualitas hidup yang tinggi sebagai kombinasi dari stabilitas, kenaikan standar hidup dan infratruktur kota yang maju. Walaupun ada masalah politik, ekonomi dan pengangguran di beberapa negara Eropa," kata peneliti senior Mercer, Slagin Parakatil.

Di Benua Amerika, Vancouver merajai sebagai kota terbaik. Di Asia Pasifik, kota terbaik adalah Auckland di Selandia Baru. Sementara di Timur Tengah dan Afrika, kota terbaik adalah Dubai di Uni Emirat Arab.

Survei Mercer juga menyebutkan 10 kota terburuk di dunia, kebanyakan ada di kawasan Afrika seperti Lagos di Nigeria, Bamako di Mali, Khartoum di Sudan dan N'Djamena di Chad. Kota Baghdad di Irak mendapat predikat kota paling buruk sedunia.

"Kekacauan di Afrika Utara dan Timur Tengah menjadi keprihatinan warga lokal dan orang asing," kata Parakatil.

Berikut adalah hasil survei Mercer:


10 Kota terbaik di dunia:

1. Wina, Austria
2. Zurich, Swiss
3. Auckland, Selandia Baru
4. Munich, Jerman
5. Vancouver, Kanada
6. Duesseldorf, Jerman
7. Frankfurt, Jerma
8. Jenewa, Swiss
9. Kopenhagen, Denmark
10. Sydney, Australia

10 Kota terburuk di dunia:

10. Kinhasa, Kongo
9. Nouakchott, Mauritania
8. Tbilisi, Georgia
7. Brazzaville, Kongo
6. Sana'a, Yaman
5. Khartoum, Sudan
4. N'djamena, Chad
3. Port-au-prince, Haiti
2. Bangui, Republik Afrika Tengah
1. Baghdad, Irak.(*)

Sumber: travel.detik.com Description: 10 Kota Terbaik dan Terburuk di Dunia Rating: 4.5 Reviewer: Raihan Azka - ItemReviewed: 10 Kota Terbaik dan Terburuk di Dunia

Ingin Berlangganan Artikel-Masukkan Email Anda Disini: [GRATIS]

Terima kasih anda telah membaca artikel tentang 10 Kota Terbaik dan Terburuk di Dunia dan hak cipta dari semua isi/konten yang di repost dalam artikel ini ada pada setiap sumber yang dapat dilihat di akhir artikel, Jika Anda pemilik hak cipta dari isi/konten artikel 10 Kota Terbaik dan Terburuk di Dunia tidak ingin ditampilkan dalam www.beritaonline.web.id, Anda dapat menghubungi admin Berita Online via Contact Us.

Berita Lainnya: