Wednesday, November 21, 2012

Penyanyi Dangdut dengan Goyangan Heboh Antarkan Mereka Jadi Kaya Raya?

Musik dangdut yang sempat lesu, kembali bergairah di blantika musik tanah air. Acara musik baik di televisi maupun panggung hiburan, kembali mengundang sejumlah penyanyi dangdut. Dan tentu saja, para pedangdut tersebut hadir dengan goyangan heboh, yang menjadi ciri khas mereka saat di atas panggung.

Goyangan sepertinya sudah menjadi keharusan dalam musik dangdut. Dangdut tanpa goyangan terasa hambar, bagaikan sayur tanpa garam. Tak heran, demi mendongkrak popularitas dan menghadapi persaingan yang ketat, para pedangdut berlomba-lomba menciptakan goyangan heboh.

Sebut saja Inul Daratista dengan Goyang Ngebor, Dewi Perssik lewat Goyang Gergaji, Annisa Bahar dengan Goyang Patah-patah, Uut Permatasari dengan Goyang Ngecor, dan yang sedang naik daun adalah Zaskia yang terkenal berkat Goyang Itik.

Berkat goyangan andalan mereka, para pedangdut ini berhasil menaklukkan ibukota. Mereka yang berasal dari pelosok daerah di Indonesia menjadi naik kelas. Pedangdut yang tadinya nyanyi dari kampung ke kampung dengan alat dan panggung seadanya, kini mulai tampil di berbagai acara di televisi. Jika mereka diharuskan tampil di panggung terbuka, panggung itu pun sangat besar dengan tata panggung yang spektakuler. Keamanannya pun terjaga.

Tak hanya menaikkan gengsi mereka sebagai pedangdut. Honor manggung mereka juga melonjak drastis. Bahkan, tak jarang setelah nama mereka tenar, sang artis berani pasang tarif mahal. Pihak penyelenggara tak menolak dengan tarif yang mahal, karena sang artis menjadi jaminan kesuksesan acara yang digelar.

Otomatis kenaikan honor yang drastis, membuat para pedangdut ini berlimpah materi. Inul pun tidak membantah soal tersebut. Ia mengaku hidup nyaman sejak namanya tenar. "Sukanya menjadi penyanyi terkenal banyak enaknya. Dibayar mahal, travelling, holiday gratis. Menyenangkan pokoknya," kata Inul saat ditemui di bilangan Kebon Jeruk, Jakarta Barat.

Diakui Inul, ia sangat menikmati kehidupan barunya sebagai pedangdut terkenal. Dari aksinya di atas panggung Inul mampu memiliki rumah mewah di kawasan elit Pondok Indah. Inul juga merenovasi rumahnya di kampung halaman, Pasuruan, Jawa Timur.

Sejumlah mobil mewah berbaris di bagasi di kediaman Inul. Mobil-mobil tersebut siap mengantarkan Inul menjalani aktivitasnya. Pedangdut dengan nama asli Ainur Rokhimah ini juga mampu membangun kerajaan bisnis lewat usaha karaoke dengan nama Inul Vista.

Inul tidak menutupi ia memang mendapatkan bayaran mahal saat manggung. "Sekarang artis itu nyanyi 10 lagu aja bisa dibayar Rp100 juta atau Rp200 juta. Kalau dulu murah, nyanyi lima lagu dibayar Rp200 ribu," ujarnya.

Kehidupan mewah yang Inul jalani saat ini, mulai dirasakan pedangdut Zaskia. Meski sebagai pendatang baru, kabarnya tarif manggung Zaskia sudah mencapai puluhan juta. Menurut sumber, untuk sekali tampil Zaskia dibayar Rp30 juta sampai dengan Rp50 juta. Benarkah?

"Amin Alhamdulillah," katanya sambil tertawa. "Kalau urusan pembayaran, itu urusan manajeman ya," ucapnya sambil tersipu. Namun, ia tak menampik sejak namanya terkenal, pendapatannya sebagai artis meningkat drastis.

Diakui Zaskia, ketika masih menyanyi dari kampung ke kampung, ia mendapat bayaran yang murah. Sedangkan ia harus menyanyi hingga dini hari. "Dulu aku pertama kali nyanyi, bayarannya Rp30 ribu. Paling besar, dari panggung ke panggung itu dibayar Rp300 ribu. Itu juga kerjanya sudah siang malam," ujarnya mengenang masa lalu.

Zaskia yang menjadi tulang punggung keluarga ini, mampu mengangkat ekonomi keluarganya karena peningkatan kariernya tersebut. Ia bangga bisa membuat keluarganya hidup nyaman. Ia yang tadinya tinggal di rumah kontrakan, kini telah mampu membeli rumah di kawasan Cibubur, Jakarta Timur. "Uangnya sudah terkumpul, cari rumah untuk orangtua," ujarnya.

Zaskia mengaku saat ini jadwal manggungnya memang sangat padat. Dalam sehari saja, ia bisa tampil di beberapa tempat. Tawaran dari televisi datang silih berganti. Begitu juga tawaran manggung di daerah tak pernah berhenti menghampiri wanita bernama asli Syurkianih ini. "Alhamdulillah, duitnya bisa ditabung ya. Senang bisa membahagiakan orangtua," ujarnya.

Dengan uang penghasilannya, Zaskia pun bisa memanjakan dirinya dengan barang-barang mahal yang sebelumnya hanya sebatas mimpi. Meski demikian, pelantun Satu Jam Saja ini tak ingin lupa daratan. "Pokoknya, yang utama untuk keluarga dulu," ujarnya.

Dewi Perssik pun mendapatkan penghasilan yang tak sedikit berkat Goyang Gergaji. Meski banyak pendatang baru di blantika musik tanah air, ia masih tetap laris manis. Bahkan, tak hanya di dunia tarik suara, Dewi pun berani menjajaki dunia akting. Sejumlah film bergenre horor berbau seks menampilkan akting artis yang akrab disapa Depe ini.

Depe juga bisa hidup mewah dari pendapatannya sebagai pedangdut. Rumah, mobil mewah dimiliki artis asal Jember, Jawa Timur ini. Dari pendapatannya itu, Depe mulai menekuni dunia bisnis di bidang batubara. Bahkan, karena pendapatannya yang mencapai ratusan juta itu, Depe sering memanjakan keponakannya. Ia sering membagi-bagikan dolar kepada keponakannya.

"Iya itu biar keponakanku senang-senang saja. Aku bahagia melihat mereka senang," ujarnya.

Mengapa pedangdut pilih goyang heboh sebagai ciri khas?


Banyak cara untuk meraih popularitas. Dan para pedangdut ini memilih untuk tampil dengan goyangan heboh pilihannya masing-masing. Menurut Inul, ia memilih Goyang Ngebor karena ia sadar persaingan di industri musik dangdut sangatlah ketat dan keras.

Dengan penampilan biasa dan tanpa perbekalan, ia merasa sulit untuk mendobrak panggung hiburan di tanah air. Inul pun berusaha menerobos dengan penampilan berbeda. Jadilah Inul menciptakan Goyang Ngebor.

"Di Surabaya dangdut punya komunitas sendiri. Mereka tampil all out, nggak perlu khawatir orang akan nyinyir. Sah-sah saja mau ngapain karena bukan orang terkenal. Namun, kalau sudah punya nama dan imej, harus jaga nama baik dan itu berat," ucapnya.

Zaskia mengaku dirinya justru tak sengaja menemukan Goyang Itik andalannya. Goyangan tersebut ia pelajari secara otodidak. "Awal manggung aku sudah pakai goyangan itu. Goyangannya lucu tapi belum ada namanya," ucapnya.

Setelah memiliki single dan sering tampil di televisi, Zaskia baru memikirkan nama untuk goyangannya. "Namanya dari fans dan kata teman-teman kasih nama Goyang Itik saja. Ya mungkin rezekinya di situ," ujarnya senang.

Pilihan nama itu memang membawa keberuntungan tersendiri untuk Zaskia. Ia pun dikenal sebagai Zaskia Gotik (Goyang Itik). Dan nama itu juga membawa rezeki untuknya. Ia bisa terkenal dan kebanjiran job lantaran goyangan tersebut.

Depe mengaku goyangan menjadi suatu kewajiban bagi penampilannya. Ia tertarik dengan Goyang Gergaji lantaran dirinya senang dengan tarian yang penuh semangat dan enerjik. Depe pun terinspirasi dari Shakira dan juga tarian India. "Saya suka goyangan yang mengundang semangat dan enerjik," ujarnya.

Suka duka jadi pedangdut dengan goyangan


Dibayar ratusan juta dan menikmati kehidupan mewah yang dirasakan para pedangdut di atas, tidaklah didapatkan dengan mudah. Penuh perjuangan keras dan jalan berliku untuk meraih kesuksesan tersebut. Bahkan, tak jarang air mata menjadi teman mereka sehari-hari.

Zaskia bercerita ia sering nyanyi dari panggung ke panggung sejak usia kecil. Di saat anak-anak seusianya bermain, Zaskia harus mencari uang demi membantu perekonomian keluarga. Bayaran yang ia tak terima juga tidak sebanding dengan penampilan dan waktu yang ia habiskan.

Namun, kerasnya kehidupan yang dijalaninya tak membuat Zaskia menyerah. Ia menjalani hal tersebut dengan suka cita. Ia tak pantang mundur karena ia memiliki keyakinan suatu saat ia akan menjadi artis yang sukses.

"Perjalanan karier aku dari dulu hingga bisa menjadi seperti sekarang, pastinya keras ya. Tapi karena aku yakin aku bisa, aku mampu aku jalani. Karena cita-citaku memang ingin menjadi penyanyi terkenal, masuk tv dan jadi artis," kata Zaskia.

Tak hanya itu, Zaskia pun harus meninggalkan bangku sekolah karena harus menyanyi dari satu panggung ke panggung hingga dini hari. Belum lagi, ia harus menghadapi pria-pria iseng yang ingin menjamah tubuhnya. Zaskia mengaku dirinya sering menerima pelecehan saat manggung.

"Kayak mau nyawer mau ke dada, mau megang dan nepuk bokong. Itu banyak sekali terjadi. Bahkan, ada yang mau mencium," ujarnya.

Lain lagi dengan Inul. Ibu dari satu anak ini juga mengalami masa-masa sulit saat menapaki kariernya sebagai pedangdut. Inul yang juga memulai kariernya dari panggung ke panggung di daerah ini banyak menghadapi suka dan duka. Mulai dari bayaran yang murah hingga mendapatkan tekanan.

"Aku juga pernah tidak dibayar. Bayarannya diutang, tunggu tiga kali nyanyi dulu baru dibayar," ucap Inul.

Saat memulai kariernya di Jakarta, Inul pun harus menghadapi pro dan kontra. Goyang Ngebor andalannya membuat ia mendapat kecaman. Bahkan, ia pun harus menghadapi konflik dengan si Raja Dangdut, Rhoma Irama. Ia juga harus menghadapi pencekalan karena goyangannya dianggap erotis.

"Nggak enaknya, mungkin ada yang nggak nyaman dengan penampilan terus dicekal, dapat tekanan, saya pernah alami itu. Belum lagi goyangan dibatasi," ungkapnya.

Depe tak tak berbeda jauh. Artis ini juga sering mengalami pelecehan dari penonton. Tak hanya itu, Depe pun langganan dicekal  karena goyang gergajinya. Belum lagi sejumlah gosip tak sedap yang menerpanya. Namun, semua itu berusaha dinikmati Depe dengan sepenuh hati. Menurut Depe, untuk maju dan sukses memang harus melewati sebuah ujian berat.  "Semua saya jalani dan syukuri saja," ucapnya santai.(*)

Sumber Description: Penyanyi Dangdut dengan Goyangan Heboh Antarkan Mereka Jadi Kaya Raya? Rating: 4.5 Reviewer: Raihan Azka - ItemReviewed: Penyanyi Dangdut dengan Goyangan Heboh Antarkan Mereka Jadi Kaya Raya?

Ingin Berlangganan Artikel-Masukkan Email Anda Disini: [GRATIS]

Terima kasih anda telah membaca artikel tentang Penyanyi Dangdut dengan Goyangan Heboh Antarkan Mereka Jadi Kaya Raya? dan hak cipta dari semua isi/konten yang di repost dalam artikel ini ada pada setiap sumber yang dapat dilihat di akhir artikel, Jika Anda pemilik hak cipta dari isi/konten artikel Penyanyi Dangdut dengan Goyangan Heboh Antarkan Mereka Jadi Kaya Raya? tidak ingin ditampilkan dalam www.beritaonline.web.id, Anda dapat menghubungi admin Berita Online via Contact Us.

Berita Lainnya: