Monday, November 19, 2012

Foto: 5 Pengobatan Sakit Jiwa Paling Ekstrim di Dunia

Stigma penyakit atau gangguan jiwa selalu saja negatif, hingga cara pengobatannya pun sangat menyeramkan. Ada beberapa pengobatan yang bahkan dianggap paling 'horor' sepanjang masa.

Berikut pengobatan-pengobatan sakit jiwa yang dianggap paling mengerikan sepanjang sejarah, seperti dilansir Smashingtops, Senin (19/11/2012):

 1. Mencopot organ tubuh



Dr Henry Cotton merupakan seorang psikiater yang mungkin lebih 'gila' daripada pasien-pasiennya. Menurut keyakinannya, gangguan mental sebenarnya disebabkan oleh infeksi. Oleh karena itu, obatnya adalah dengan menghilangkan bagian yang terinfeksi dari tubuh.

Di rumah sakit jiwanya yang horor, pada awal abad ke-20 ia 'menyiksa' pasien yang tak terhitung jumlahnya. Ia mencopot gigi pasien, satu per satu. Kemudian karena masalah mental pasien itu masih ada, dia tidak keberatan mengorbankan organ yang lain. Hanya 50 persen dari orang sakit selamat dari metode pengobatan ini.


 2. Trepanasi



Trepanasi adalah suatu tindakan membuka tulang kepala. Manusia primitif zaman dulu menggunakan metode ini untuk menyembuhkan penyakit apapun yang berhubungan dengan kepala, dari sakit kepala hingga luka-luka.

Cara ini pada abad ke-17 di Eropa juga dipraktikkan untuk mengobati gangguan mental. Bukannya sembuh, metode ini bahkan berisiko tinggi menyebabkan kematian pada pasien.


 3. Lobotomi



Lobotomi merupakan salah satu prosedur medis terburuk yang pernah ada. Prosedur ini dilakukan dengan memasukkan alat medis ke dalam rongga mata untuk memotong saraf di bagian depan otak. Sang penemu, Egas Moniz, berkesimpulan bahwa masalah mental bersumber di lobus frontal.

Dalam teorinya, prosedur ini akan menyembuhkan gangguan, membuat pasien tenang dan siap kembali ke kehidupannya. Sayangnya, pasien tetap saja 'lumpuh' seumur hidup.


 4. Terapi koma



Koma dalam dunia kedokteran didefinisikan sebagai kehilangan kesadaran yang sangat dalam. Tapi bagaimana bila kondisi ini dijadikan terapi? Dr Manfred Sekel pertama kali mencoba terapi ini pada pasien pecandu narkoba. Dia memberi pasien dosis insulin yang besar, yang secara alami menyebabkannya masuk ke kondisi koma. Ketika terbangun, ia menyatakan dirinya secara ajaib sembuh.

Pengobatan ini pun pernah diterapkan pada banyak pasien sakit mental. Tapi terapi ini akhirnya dihentikan ketika terungkap bahwa beberapa orang memiliki kecenderungan meninggal secara aneh karena overdosis insulin.


 5. Hidroterapi



Berendam atau mandi dengan air hangat kedengarannya ide bagus untuk menghilangkan penat dan stres. Tapi tidak di zaman dulu, di mana terapi air untuk penderita gangguan jiwa justru tampak seperti penyiksaan di kamp tahanan.

Dokter percaya bahwa mandi dengan shower bertekanan tinggi yang berlangsung selama beberapa hari bisa memiliki efek besar pada kelesuan atau pada pasien gangguan jiwa yang agresif.(*)

Sumber Description: Foto: 5 Pengobatan Sakit Jiwa Paling Ekstrim di Dunia Rating: 4.5 Reviewer: Raihan Azka - ItemReviewed: Foto: 5 Pengobatan Sakit Jiwa Paling Ekstrim di Dunia

Ingin Berlangganan Artikel-Masukkan Email Anda Disini: [GRATIS]

Terima kasih anda telah membaca artikel tentang Foto: 5 Pengobatan Sakit Jiwa Paling Ekstrim di Dunia dan hak cipta dari semua isi/konten yang di repost dalam artikel ini ada pada setiap sumber yang dapat dilihat di akhir artikel, Jika Anda pemilik hak cipta dari isi/konten artikel Foto: 5 Pengobatan Sakit Jiwa Paling Ekstrim di Dunia tidak ingin ditampilkan dalam www.beritaonline.web.id, Anda dapat menghubungi admin Berita Online via Contact Us.

Berita Lainnya: