Thursday, November 15, 2012

Amankan 1 Suro di Kota Madiun, Polisi Dibekali Asmaul Husna

Tak hanya dibekali kemampuan fisik, personel Kepolisian Republik Indonesia (Polri) juga dibekali kekuatan mental dengan doa dalam pengamanan kegiatan massa. Personel yang tergabung dalam Brigade Mobil (Brimob) Kompi II Detasemen C Kepolisian Daerah Jawa Timur dibekali doa asmaul husna saat pengamanan peringatan 1 Sura atau 1 Muharam 1434 Hijriah di Kota Madiun, Jawa Timur.

"Mari bersama-sama berdoa dan membaca asmaul husna," kata Kepala Satuan Brimob Kepolisian Daerah Jawa Timur Komisaris Besar Mashudi seusai apel siaga pengamanan di Alun-alun Kota Madiun, Kamis, 15 November 2012.

Sebelumnya, dalam sambutan saat apel siaga, Wakil Kepala Kepolisian Daerah Jawa Timur Brigadir Jenderal Eddi Sumantri mengingatkan agar aparat melakukan pendekatan persuasif.

Eddi mengatakan, lebih dari 2.400 aparat gabungan Polri dan TNI disiagakan dalam kegiatan peringatan Suran Agung atau 1 Sura (Suro) tepat 1 Muharam 1434 Hijriah, Kamis, 15 November 2012.

Peringatan Suran Agung merupakan agenda tahunan perguruan silat di Madiun dan sekitarnya. Hari ini giliran perguruan silat Persaudaraan Setia Hati (PSH) Terate. Kepolisian Resor Madiun Kota mendapat bantuan personel dari Kepolisian Daerah Jawa Timur dan sejumlah kepolisian resor, antara lain Kepolisian Resor Kediri Kota, Kediri (Kabupaten), Nganjuk, dan Pacitan.

Sejumlah kesatuan dan batalion Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Darat dan Angkatan Udara yang bermarkas di Madiun dan sekitarnya juga dilibatkan dalam pengamanan, termasuk Komando Distrik Militer, Komando Resor Militer, dan Pangkalan Udara Iswahjudi.

"Ada sekitar 31 titik yang jadi fokus pengamanan petugas karena akan dilewati konvoi massa," kata Kepala Kepolisian Resor Madiun Kota, Ajun Komisaris Besar Adi Deriyan Jayamarta.

Peringatan Suran Agung biasanya diisi dengan kegiatan ziarah makam sesepuh PSH Terate. Selain dari Madiun, konvoi Perguruan pencak silat SH Terate dari luar Madiun diperkirakan juga akan datang, di antaranya dari Magetan, Ponorogo, dan Ngawi.

Konvoi dalam kegiatan Suran Agung rawan konflik. Tahun-tahun lalu, beberapa kali terjadi bentrok antar-anggota perguruan silat saat melewati wilayah yang dianggap basis massa anggota perguruan silat tertentu.(*)

Sumber Description: Amankan 1 Suro di Kota Madiun, Polisi Dibekali Asmaul Husna Rating: 4.5 Reviewer: Raihan Azka - ItemReviewed: Amankan 1 Suro di Kota Madiun, Polisi Dibekali Asmaul Husna

Ingin Berlangganan Artikel-Masukkan Email Anda Disini: [GRATIS]

Terima kasih anda telah membaca artikel tentang Amankan 1 Suro di Kota Madiun, Polisi Dibekali Asmaul Husna dan hak cipta dari semua isi/konten yang di repost dalam artikel ini ada pada setiap sumber yang dapat dilihat di akhir artikel, Jika Anda pemilik hak cipta dari isi/konten artikel Amankan 1 Suro di Kota Madiun, Polisi Dibekali Asmaul Husna tidak ingin ditampilkan dalam www.beritaonline.web.id, Anda dapat menghubungi admin Berita Online via Contact Us.

Berita Lainnya: